Saturday 27 September 2014

Pengenalan sandi Synoptik

Pengenalan Sandi Synoptik






Untuk rekan-rekan yang belum tahu sama sekali tentang apa itu sandi synop, yaa kalian sama persis dengan saya waktu dulu awal kuliah. Pasti semua bertanya-tanya tentang :
  • -         apa itu sandi synop,
  • -         bagaimana cara membuatnya,
  • -         kok rumit dan banyak sekali ya, harus dihafalkan semua ya??

           
Saat awal kuliah dulu saya juga demikian. Namun seiring berjalannya waktu , lama-kelamaan  kita akan tahu dan hafal dengan sendirinya bagaimana membuat sandi synop ini.
Sandi synop adalah sandi yang berupa angka-angka yang biasa digunakan untuk saling bertukar informasi cuaca. Mengapa kok menggunakan sandi?? Alasannya adalah
  • -         Agar lebih ringkas dalam pelaporan

Bisa dibayangkan andai pelaporan cuaca tidak menggunakan sandi, pasti akan terlihat banyak sekali, karena mengingat unsur cuaca yang dilaporkan cukup banyak. Untuk itu penggunaan sandi agar dapat mewakili suatu unsur cuaca supaya lebih ringkas
  • -         Agar dimengerti oleh semua negara

Untuk pertukaran data cuaca, kita tidak hanya dipertukarkan di negara Indonesia saja, namun juga di seluruh dunia. Oleh karenanya, untuk memudahkan bahasa dalam pertukaran informasi cuaca, digunakanlah sandi yang kita kenal dengan nama “sandi synop”.

Baiklah langsung saja menuju pokok permasalahan.

Sandi synop terdiri dari 3 seksi , yaitu

  • §  Seksi 0           à Jenis pelaporan, Waktu pelaporan, dan identitas stasiun cuaca yang melaporkan

  • §  Seksi 1  à Untuk keperluan pertukaran data. Berisi data angin, suhu, titik embun, tekanan udara, curah hujan, cuaca yang terjadi, cuaca yang berlalu, dan awan.

  • §  Seksi 3            à  berisi tentang suhu maksimum, suhu minimum, penguapan, penyinaran matahari, perubahan tekanan 24 jam, dan awan.


Nah itu tadi pengenalan tentang sandi synop. Untuk bisa menghafal sandi synop, ada cara yang sangat mudah yang dapat kalian lakukan. Yaitu
-        
                   Tulis sandi synop itu berulang-ulang minimal 5 kali untuk tiap seksi.
           
Pengalaman pribadi saya saat awal pelajaran ini. Saat pertama, dosen memberikan tugas untuk menulis ulang sandi ini sebanyak 5 kali tiap seksinya. Awalnya saya malas dan berfikiran, ‘Ngapain nulis gini berkali-kali, bikin tangan pegel aja’. Namun ternyata cara beliau dalam mengajar sangat terasa sekali. Untuk menulis pertama, saya masih melihat buku synop. Penulisan kedua juga masih melihat buku. Untuk penulisan ketiga, sudah mula hafal dengan pola-pola yang ada di sandi synop. Penulisan ke empat, hanya saat lupa saja saya melihat buku. Dan penulisan terakhir, kita tidak perlu melihat buku synop untuk menulis ulang sandi ini karena sandi synop itu ternyata berpola dan mudah di ingat.
     
Jadi untuk awal pembelajaran ini, hafalkan dulu urutan semua sandi synop yang ada, jangan fikirkan dulu bagaimana membuatnya. Karena bila kita sudah hafal , maka untuk membuatnya hanya butuh belajar sedikit demi sedikit.
           
            Tugas yang harus dikerjakan !!

Seperti cerita saya tadi, untuk dapat menghafal urutan sandi synop, tulis ulang sandi synop minimal 5 kali. Namun untuk yang tetap belum hafal, dapat ditambah lagi agar bisa menghafal sandi synop.

Berikut ini adalah format urutan sandi synop ( FM. 12-XI)

(Biar hafal, salin ulang di buku catatan kalian sebanyak minimal 5x)

  • Seksi 0            : MiMiMjMj    YYGGIw   IIiii  
  • Seksi 1            : IrIxhVV    Nddff    (00fff)    1SnTTT    2SnTdTdTd    (or 29UUU)                                       3PoPoPoPo     4PPPP    (or 4a3hhh)    5appp    6RRRtR    7wwW1W2                                 8NhCLCMCH    9GGgg
  • Seksi 3            :  333    (1SnTxTxTx)    (2SnTnTnTn)    (5EEEiE)    (55SSS)    ((55508)                           (5F24F24F24F24))   (56DLDMDH)    (57CDaec)    (58P24P24P24)                                        (59P24P24P24)     (6RRRtR)    (8NsChshs)    (80Chshs)

3 comments:

  1. alasan ketiga kenapa harus di buat sandi, adalah agar format pengiriman laporan seragam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, saya lupa yang terakhir... thanks infonya...

      Delete