Saturday 27 September 2014

Belajar Sandi SYNOPTIK

Belajar sandi SYNOPTIK



Buku ini sangat tipis. Tebalnya saja hanya sekitar 70 lembar. Tulisannya pun kecil hingga kita harus berkonsentrasi lebih hanya untuk dapat membacanya. Mengapa saya berinisiatif membuat buku seperti ini ya?. Pada awalnya saya hanya iseng saja merangkum sandi-sandi synoptik berupa angka-angka yang digunakan untuk pertukaran data cuaca. Tujuan utama saya adalah apabila suatu saat tiba-tiba saya lupa tentang bagaimana penyandian berita cuaca synoptik, saya tidak perlu buka-buka catatan yang entah dimana ia berada. Saya hanya cukup membuka buku ini untuk mengingat-ingat cara penyandian berita cuaca.


Namun selang beberapa waktu, saya berpikir alangkah baiknya apabila saya benar-benar merangkum cara penyandian berita cuaca tersebut menjadi sebuah buku yang sangat sederhana. Tujuannya adalah untuk membantu saya sendiri saat lupa tentang penyandian, kemudian bisa juga untuk membantu rekan-rekan yang masih sedikit bingung tentang cara penyandian, dan juga untuk adek-adek tingkat yang akan belajar tentang penyandian berita cuaca synoptik. Saya berharap dengan buku seperti ini dapat membantu kita semua dalam memahami cara penyandian berita cuaca synotik.

Buku ini berisi tata cara penyandian tiap grup dan masing-masing grup sandi diberi contoh kasus nyata dalam pengamatan cuaca. Disebutkan juga cara mudah kita agar dapat menghafal semua sandi synop yang ada. Cara tersebut sangat simple dan mudah dipraktIkan oleh kita. Dan ternyata, saat kita terjun langsung ke lapangan, tidak semua angka sandi harus kita hafalnya, hanya terdapat beberapa sandi saja yang sering muncul di  sekitar kita. Di dalam buku ini akan dijelaskan sandi-sandi tersebut.
Saya berusaha mempergunakan bahasa yang sederhana agar kita semua dapat memahaminya dengan mudah. Tak ada keinginan bagi saya untuk “sok pintar” mengajari teman-teman semua. Saya hanya ingin berbagi pengalaman yang saya dapat selama saya tugas di lapangan secara langsung. Bukan hanya teori. Ternyata saat dipraktekan, yang tadinya di teori terlihat sangat sulit, saat dipraktekan ternyata cukup mudah dan mengasikan. Saya berharap dengan adanya buku seperti ini dapat membantu saya dan teman-teman semua dalam mempelajari sandi Synotik.

Namun perlu diketahui oleh teman-teman, bahwa buku ini JANGAN DIGUNAKAN UNTUK REFERENSI UTAMA  ya. Buku ini digunakan hanya untuk pendukung rekan-rekan untuk memahaminya. Untuk buku panduan utama adalah “Peraturan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengamatan, Penyandian, Pelaporan dan Pengarsipan Data Meteorologi Permukaan. Karena apa?. Karena ini adalah sepengetahuan saya saja, jadi pasti sangat perlu masukan, kritik serta saran dari rekan-rekan agar ke depannya buku semacam ini dapat lebih bermanfaat untuk generaasi penerus kita semua..

Beberapa materinya akan saya share di blog ini. Namun apabila teman-teman berkeinginan untuk mempunyai buku semacam ini. Kalian bisa meminta langsung ke saya via CHAT FACEBOOK ataupun via EMAIL dan tanpa ada biaya sedikitpun alias GRATIS.

          {Semoga Bermanfaat}
            



3 comments:

  1. Mohon izin bang, bagaimana saya bisa mendapatkan materinya ya? Mohon arahannya, Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di akun academia saya.. https://www.academia.edu/33887576/Pengenalan_Sandi_Synop.pdf

      Delete