Thursday 25 September 2014

Mengenal Atmosfer

Atmosfer  


        Sebelum kita menuju pokok pembahasan cuaca, pertama mari kita mengenal dulu atmosfer di bumi kita ini. Karena cuaca itu sendiri merupakan keadaan atmosfer dan segala jenis perubahannya.
       Atmosfer adalah selubung udara yang sangat tebal menutupi seluruh permukaan bumi. Udara tersebut merupakan campuran dari berbagai jenis gas. Atmosfer juga memiliki sifat-sifat, diantaranya 
  • o   Tidak berwarna , tidak berbau, dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam bentuk angin
  • o   Dinamis dan elastis, sehingga dapat mengembang dan menyusut.
  • o   Transparan terhadap beberapa bentuk radiasi

     Mempunyai berat, sehingga menimbulkan tekanan. Tetapi berat atmosfer berkurang terhadap bertambahnya ketinggian. Seluruh berat atmosfer kurang lebih 56x104 ton dan lebih dari 99% berada di bawah 30 km, sedangkan setengah dari seluruh atmosfer berada di bawah ketinggian 6 km.



             Kita semua harus sadar, bahwa manusia dapat hidup dibumi adalah karena atmosfer ini. Tanpa adanya atmosfer, kita semua tidak akan mampu bertahan hidup di bumi. Atmosfer merupakan sumber dari gas-gas utama bagi kehidupan, seperti Oksigen (O2) dan Carbondioksida (CO2). Selain itu atmosfer juga merupakan pelindung bumi dari radiasi matahari yang sangat kuat di siang hari, serta menahan lepasnya panas bumi ke angkasa yang terjadi pada malam hari. Atmosfer juga merupakan pelindung bumi dari  meteor. Karena sebagian meteor akan terbakar saat melewati atmosfer bumi, sehingga ukurannya akan berkurang.

Struktur Atmosfer
                Atmosfer bumi sangatlah tebal. Secara vertikal atmosfer dibagi menjadi empat lapisan berdasarkan suhu, yaitu :  Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, dan Thermosfer. Nah kita ini hidup di lapisan atmosfer yang paling bawah, yaitu troposfer. Segala aktivitas cuaca juga terjadi di lapisan ini. Mari kita bahas satu-satu mengenai lapisan-lapisan di atmosfer tersebut.


Troposfer
                Troposfer artinya bulatan atau lapisan yang berubah-ubah. Lebih dari 80% massa atmosfer terletak di lapisan ini. Segala fenomena cuaca seperti awan, hujan, halilintar, angin, dan kilat terjadi di troposfer. Pada lapisan troposfer, semakin tinggi letaknya, maka suhunya akan semakin rendah. Lapisan pembatas antara lapisan troposfer dengan stratosfer disebut Tropopause, merupakan temperatur yang relatif konstan.

Stratosfer
                Stratosfer merupakan lapisan kedua setelah troposfer. Lapisan ini memiliki ketinggian 12-60 km. Teman-teman pasti pernah dengar tentang ozone kan? Nah lapisan stratosfer ini lah yang merupakan lapisan ozone bumi. Kita semua dilindungi oleh lapisan stratosfer dari radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan sehingga tidak merusak kehidupan kita di bumi. Lapisan peralihan antara stratosfer dan mesosfer disebut Stratopause.

Mesosfer
                Mesosfer merupakan lapisan diatas stratosfer, berada di ketinggian 60-80 km. Apa sebenarnya manfaat lapisan ini? Kalau tadi kita sudah tahu bahwa lapisan yang melindungi kita dari radiasi ultraviolet yang berlebihan adalah lapisan stratosfer ( Ozone ), nah lapisan ini juga tidak kalah pentingnya. Lapisan mesosfer berfungsi sebagai lapisan pelindung bumi dari kejatuhan meteor. Meteor yang menuju bumi akan terbakar dan hancur sebelum sampai di permukaan bumi. Batas lapisan antara mesosfer dengan thermosfer disebut mesopause.

Thermosfer
         Teman-teman pernah mendengar tentang aurora? Mungkin sebagian dari teman ada yang pernah mengenal tentang aurora ini. Aurora terjadi karena atom-atom udara mengalami ionisasi, peristiwa penambahan dan pengurangan elektron tersebut menghasilkan cahaya yang berwarna-warni, cahaya ini sering terjadi di kutub utara dan kutub selatan yang sering kita kenal dengan nama aurora. Nah aurora itu terjadi di lapisan ini. Lapisan ini berada di ketinggian 80-100 km.

            Nah itu tadi adalah sekilas tentang atmosfer kita ini. Hal yang perlu kita garis bawahi adalah kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya atmosfer itu. Atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita semua. Struktur vertikal atmosfer berdasarkan suhu tadi terdiri dari 4 lapisan. Yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer dan thermosfer. Fenomena cuaca dan segala aktivitas kehidupan kita terjadi di lapisan troposfer. Kemudian lapisan ozone yang melindungi kita dari radiasi ultraviolet yang berlebihan ada di lapisan stratosfer. Saat terjadi jatuhan meteor, kita juga dilindungi oleh atmosfer sehingga meteor tersebut terbakar dan ukurannya berkurang , lapisan yang melindungi kita dari jatuhan meteor adalah lapisan mesosfer. Dan yang terakhir adalah lapisan yang menyebabkan terjadi aurora atau warna-warni di langit kutub utara dan kutub selatan adalah lapisan thermosfer.
               
             Sudah puas berkenalan dengan atmosfer? Hehe.. Mau tak mau, sebelum kita mengerti tentang cuaca, kita juga harus paham dahulu tentang atmosfer. Karena seperti yang kita tahu cuaca merupakan kondisi atmosfer pada waktu tertentu, sehingga dengan mengerti bagaimana sifat-sifat atmosfer, kita akan lebih mudah dalam mendalami dan mengerti tentang cuaca.


1 comment: