Thursday 25 September 2014

Cuaca laut, Jangan Diabaikan !!

Cuaca laut, Jangan Diabaikan !!



           Yah memang banyak diantara kita yang tidak mau peduli terhadap keadaan cuaca yang terjadi di sekitar kita. Mungkin karena bagi segelintir orang, cuaca tidak terlalu berpengaruh untuk aktifitas mereka sehari-hari. Namun berbeda halnya dengan aktifitas orang-orang yang bergelut di dunia atas laut. Bagi mereka, informasi cuaca dengan data tepat dan akurat serta mudah dipahami sangatlah penting untuk kelancaran serta keselamatan perjalanan mereka saat berlayar.

         Negara kita ini terdiri dari ribuan kepulauan dan dikelilingi oleh lautan. Oleh karenanya, Industri pelayaran berperan sangat penting bagi transportasi maupun jasa pengiriman barang. Di lain sisi, menggunakan jalur laut untuk sarana transportasi dan pengiriman barang juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Bukan hanya mengenai kerugian materiil yang akan dihabiskan, tetapi keselamatan jiwa pun harus menjadi prioritas utama dalam bagi kapal-kapal yang sedang berlayar. Banyak faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan saat kapal berlayar di laut. Selain karena faktor kesalahan manusia, faktor alam juga akan sangat berpengaruh dalam berlangsungnya aktifitas pelayaran di Indonesia. Faktor alamiah tersebut adalah kondisi cuaca pada rute jalur pelayaran yang dilewati oleh kapal tersebut. Oleh karena itu, informasi tentang prakiraan cuaca sangatlah penting dalam kegiatan ini. Pada intinya fungsi utama dari informasi cuaca bagi pelayaran adalah memberi petunjuk pemilihan jalan agar kapal dapat berlayar dengan aman, nyaman dan juga selamat sampai tujuan dengan tepat waktu.


            Cuaca buruk yang paling ditakuti di wilayah perairan ialah gelombang laut yang terlalu tinggi. Gelombang laut itu sendiri merupakan pergerakan naik dan turunnya air laut dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva/grafik sinusoidal. Gelombang laut bisa timbul karena memiliki gaya pembangkit. Gaya pembangkit gelombang laut yang paling utama adalah angin. Semakin kencang angin bertiup maka gelombang yang dihasilkan akan semakin tinggi. Selain itu gelombang laut juga dapat terjadi akibat adanya gaya tarik-menarik bulan dan bumi, serta akibat terjadinya gempa bumi di laut. Namun tidak selalu gelombang tinggi akan berdampak langsung pada semua kapal yang berlayar, tergantung pada ukuran dan design kapal tersebut. Seperti contoh, bagi kapal-kapal besar mungkin dengan ombak setinggi 2 meter tidak begitu terasa, namun bagi kapal-kapal kecil yang hendak berlayar, ombak setinggi itu bisa sangat terasa dan beresiko untuk kelangsungan perjalanannya. Pada intinya informasi mengenai gelombang laut sangatlah penting untuk kelancaran dan kenyamanan saat berlayar.

       Peran serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam informasi tinggi gelombang sangatlah penting bagi berlangsungnya segala aktifitas di laut. Tanpa informasi tersebut, akan ada banyak kendala dan ketidaknyamanan dalam berlayar dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan akibat dari kurangnya informasi tinggi gelombang. Informasi gelombang yang diberikan oleh BMKG terdiri dari gelombang significant dan gelombang maksimum. Gelombang significant merupakan informasi tinggi gelombang rata-rata yang sering terjadi pada waktu tersebut, sedangkan gelombang maksimum merupakan gelombang tertinggi yang dapat terjadi di kawasan tersebut

        Selain melayani informasi mengenai gelombang laut, BMKG juga memberikan informasi seputar prakiaan umum cuaca laut serta peringatan dini apabila terdapat badai, cuaca buruk, cuaca significant. serta prakiraan cuaca dan prakiraan gelombang laut untuk wilayah pelabuhan dan perairan sekitarnya. Karena perlu kita ketahui bahwa tranportasi jalur laut merupakan sarana angkut barang terbanyak yang digunakan dalam sistem perdagangan dunia. Hampir 90% pengiriman barang menggunakan sarana angkutan laut. Barang sampai tujuan dengan tepat waktu dan tanpa cacat sedikitpun merupakan keharusan bagi tiap-tiap kapal. Oleh sebab itu sebelum melakukan pelayaran, kapal-kapal yang hendak berlayar harus mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, menentukan rute mana yang akan dilalui, dan mengantisipasi apabila diperkirakan terjadi cuaca buruk ketika perjalanan. Bagi kapal-kapal cargo yang mengangkut barang, informasi cuaca mendatang juga penting untuk melindungi barang agar tetap terjaga kualitasnya sebagaimana mestinya tanpa ada kerusakan akibat cuaca buruk.

            Untuk menambah keakuratan prakiraan cuaca di laut, diperlukan juga data pengamatan unsur-unsur cuaca di tengah laut. Karena itu, BMKG juga melakukan kunjungan ke kapal-kapal kerjasama dengan tujuan untuk membimbing serta melatih awak kapal agar dapat melakukan pengamatan cuaca saat kapal mereka sedang berlayar. Data pengamatan unsur cuaca di laut akan berperan penting dalam tahap analisa dinamika atmosfer untuk keperluan prakiraan cuaca mendatang. 

            Selain penting bagi kapal yang sedang berlayar, informasi cuaca juga penting untuk kegiatan di area Pelabuhan. Pelabuhan adalah tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang, dan bongkar muat barang. Segala kegiatan di pelabuhan memerlukan management yang efektif serta efisien dalam mengatur waktu sehingga diharapkan dapat selesai dalam waktu yang tepat. Pada saat melakukan bongkar muat barang, informasi cuaca sangatlah dibutuhkan untuk menjaga keutuhan barang agar tidak rusak akibat cuaca. Oleh karena itu informasi cuaca saat ini dan prakiraan cuaca mendatang sangatlah diperlukan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kegiatan operasional di Pelabuhan.

Oleh Richard Mahendra Putra

1 comment: