Saturday 27 September 2014

Pembahasan Tiap Seksi (0)

Seksi 0


Pada seksi 0 ini adalah seksi termudah jika dibandingkan dengan seksi-seksi lainnya. Mari kita ingat lagi apa saja anggota seksi 0 tadi..

"Seksi 0             : MiMiMjMj    YYGGIw   Iiiii"

Pembahasan

  • -       MiMiMjMj                : nah ini sandi pengenal, karena kita pengamatan Synoptik, cukup diganti   dengan AAXX.
  • -       YYGGIw                  : Untuk bagian ini dibagi menjadi 3, yaitu

ü  YY        : tanggal pengamatan
ü  GG       : jam pengamatan (UTC)
ü  Iw         : pengenal data angin


            Saya rasa untuk tanggal dan jam pengamatan pasti tidak ada masalah. Untuk pengenal data angin terdapat 4 sandi, perbedaannya adalah pada satuan dan alat yang digunakan. Berikut penjelasannya.


Jadi itu tadi ke empat sandi untuk pengenal angin..
  • -          IIIiii  : merupakan nomor blok dan nomor stasiun

Mari ke contoh soal..
            
Stasiun Perak I (96933) melakukan pengamatan tanggal 19 Desember 2012 jam 06 UTC menggunakan anemometer dengan kecepatan dalam knot... buatlah sandinya..

Jawaban..        MiMiMjMj    YYGGIw   Iiiii
                        AAXX          19064    96933

Contohnya masih kurang ya, baiklah kalo kurang akan saya beri 1 contoh lagi..

Stasiun Meteorologi Kemayoran (96745) pada tanggal 20 September 2012 melakukan pengamatan cuaca jam 14.00 wib dengan menggunakan prakiraan, karena anemometernya rusak. Kecepatan angin dalam knot. Buatlah seksi 0 nya..!!

Jawaban

            Ingat dulu, untuk kita yang di wilayah WIB, konversi waktu menuju UTC adalah H-7 jam, jadi jam pengamatan adalah jam 07 UTC.

                        MiMiMjMj    YYGGIw   Iiiii
                        AAXX          20073    96745

Mudah kan?? Ya iyalah , dalam seksi ini tidak perlu waktu lama dalam mengerjakannya.

            Hanya itu pembahasan tentang seksi 0.. seksi ini merupakan seksi pengenal dalam berita cuaca. Berisi jenis berita yang dilaporkan, tanggal dan jam pelaporan serta alat yang digunakan oleh stasiun itu dalam mengukur arah dan kecepatan angin..



No comments:

Post a Comment