Friday 11 September 2015

Memanfaatkan Informasi Cuaca Saat Mudik

Memanfaatkan Informasi Cuaca Saat Mudik


Momen lebaran selalu menjadi momen istimewa untuk berkumpul berbagi cerita bersama keluarga. Untuk menuju kampung halaman masyarakat sering kali lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada fasilitas umum. Alasannya karena masalah biaya yang lebih terjangkau. Karena seperti yang kita tahu saat mendekati musim lebaran seperti ini harga tiket naik hingga 2 kali lipat dari harga biasanya. Namun risiko kecelakaan menggunakan kendaraan pribadi juga sangatlah besar terutama apabila mudik menggunakan motor.


Banyak diantara masyarakat yang tidak peduli dengan kondisi cuaca pada rute perjalanan mereka. Padahal kondisi cuaca sangat penting untuk mendukung keselamatan dalam transportasi jalur darat, laut, maupun udara. Cuaca itu sendiri berarti suatu keadaan atmosfer pada suatu tempat pada waktu tertentu dan periode yang singkat sekitar 1 – 7 hari. Berbeda dengan iklim, yang merupakan karakteristik keadaan atmosfer pada suatu tempat tertentu namun pada jangka waktu yang lama minimal 30 tahun.

Ada 3 sektor yang sangat berkaitan erat dengan pentingnya informasi cuaca. Yaitu transportasi jalur darat, laut dan udara. Transportasi jalur darat, informasi cuaca sangat berpengaruh dalam kelancaran dan kenyamanan berkendaraan. Apabila terjadi cuaca buruk seperti hujan lebat, hal ini akan mengakibatkan jalan menjadi licin, jarak pandang yang pendek, dan juga pengendara sepeda motor harus ektra berhati hati dalam perjalanan. Selain itu, angin kencang juga membahayakan pengendara sepeda motor karena akan mengganggu keseimbangan saat berkendaraan. Akibat lain dari cuaca buruk adalah akan mengakibatkan banjir. Tak jarang banyak kendaraan yang mogok akibat fenomena yang tak asing lagi bagi masyarakat ini.

Transportasi jalur laut, dijadikan pilihan saat mudik karena harganya yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan harga tiket pesawat. Namun, akan memakan waktu yang lebih lama untuk sampai ke kampung halaman. Perjalanan ini di laut lepas selama berhari – hari tak mengurangi semangat masyarakat untuk pulang menuju kampung halamannya. Oleh karena itu, keselamatan dalam perjalanan laut tak luput dari pentingnya informasi cuaca. Fungsi utama dari informasi meteorologi bagi pelayaran adalah memberi petunjuk pemilihan jalan agar dapat berlayar dengan aman, nyaman, selamat sampai tujuan, dan tepat waktu. Informasi tersebut meliputi prakiraan gelombang tinggi, arah dan kecepatan angin, arah gelombang, suhu dan kelembaban udara serta prakiraan cuaca mendatang.

Transportasi jalur udara, merupakan pilihan yang tepat apabila kita hendak mudik dan ingin cepat sampai di kampung halaman. Transportasi ini lebih membutuhkan biaya yang mahal daripada jalur lainnya. Namun hal itu tak mengurangi niat masyarakat untuk menggunakan pesawat agar lebih cepat sampai di kampung halamannya.

Oleh Richard Mahendra Putra

1 comment: