Saturday 12 April 2014

Gelombang Laut

Maritim

 


          Maritim biasa di identikkan dengan permasalahan tentang lautan. Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan. Oleh karena itu, hal ini akan sangat mempengaruhi sirkulasi atmosfer di wilayah Indonesia. Namun pada materi ini saya tidak membahas tentang cuaca maritim, melainkan membahas mengenai fenomena kelautan yang tidak asing lagi di telinga kita semua, yaitu Gelombang Laut.



            Secara klimatologis, wilayah Indonesia ini dipengaruhi oleh angin musim baratan dan timuran. Hal ini akan mempengaruhi dinamika yang terjadi di wilayah perairan Indonesia. Informasi gelombang laut sangatlah pentin bagi masyarakat, terutama di bidang Pelayaran, Perikanan, Perdagangan, dll.

            Gelombang Laut adalah pergerakan naik dan turunnya air laut dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva/gravfik sinusoidal. Gelombang bisa timbul karena memiliki pembangkit. Gaya pembangkit gelombang yang paling utama adalah angin. Selain itu ada juga karena gaya tarik-menarik bulan dan bumi, dan juga gelombang akibat gempa bumi.


Berikut ini adalah jenis-jenis gelombang berdasarkan pembangkitnya :
  •           Gelombang Angin       : Merupakan gelombang yang terbentuk akibat dari gesekan     angin di permukaan laut. Gelombang ini adalah yang paling sering terjadi di laut.
     
Gelombang Angin
  •                 Gelombang Pasut        : Gelombang ini terjadi akibat gaya tarik-menarik antara planet bumi dan bulan atau benda langit lainnya. Namun yang paling besar pengaruhnya adalah gaya tarik bulan dan matahari. Gelombang ini lebih mudah diprediksi karena memiliki periode terjadi yang sama.

  •          Gelombang Tsunami   : Gelombang ini merupakan gelombang yang terjadi akibat gempa bumi di dasar laut. Atau juga bisa terjadi akibat aktifitas vulkanik gunung api di laut. Gelombang ini memiliki ukuran yang sangat tinggi, hingga mencapai lebih dari 10 m saat mencapai tepi pantai.

Tsunami
  
      Ditinjau dari segi sering terejadinya, gelombang laut yang paling sering terjadi ialah gelombang laut akibat angin. Secara umum, kondisi gelombang laut dipengaruhi oleh besarnya angin di daerah tersebut. Kuat lemahnya gelombang angin dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
  •  Kecepatan Angin 
  •  Lamanya angin berhembus ( duration )
  •  Jarak tiupan angin di wilayah terbuka (Fetch)



Cara-cara pengukuran Gelombang laut



  • Periode Gelombang

     Sebelumnya kita harus tahu apa itu periode. Periode ialah waktu yang diperlukan oleh sebuah gelombang untuk menempuh jarak satu gelombang penuh. Yaitu jarak dari puncak menuju puncak atau jarak dari lembah menuju lembah.

Periode ialah waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari puncak menuju puncak





Dalam melakukan pengamatan periode gelombang. Ini adalah langkah-langkahnya :
-    Periode gelombang dihitung dengan menggunakan stopwatch.
-   Cari suatu benda seperti kotak,botol, kapal kecil dll sebagai titik acuan atau jika tidak ada bisa menggunakan buih sebagai acuan
-    Hitung waktu yang dibutuhkan ketika benda itu berada di puncak gelombang sampai benda itu kembali berada pada puncak gelombang.
-     Lakukan pengamatan periode tersebut berulang kali untuk mendapatkan nilai rata-rata periode yang dibutuhkan.
-      Satuan yang digunakan adalah detik (s)


Tinggi Gelombang
         Tinggi gelombang merupakan jarak antara puncak gelombang dengan lembah gelombang.
Untuk mengukur tinggi gelombang, bisa menggunakan perkiraan. Namun apabila kita sedang berlayar, akan sulit untuk memperkirakannya karena kita juga terombang-ambing oleh gelombang yang ada.

Berikut ini adalah cara pegamatan tinggi gelombang saat berada di Kapal:
  • Usahakan untuk mencari titik acuan yang mudah dikenal.

  • Pengamat di kapal kecil biasanya memperkirakan gelombang yang besar terlalu tinggi sedang pengamat di kapal besar memperkirakan gelombang terlalu kecil.

  • Untuk memperkirakan tinggi gelombang yang panjang gelombangnya lebih pendek daripada kapal, pengamat mengambil posisi serendah mungkin di kapal, terlebih di tengah kapal yaitu dimana gelombang datang. Sedangkan di mana gelombang lebih panjang dari kapal, metode yang terbaik diperoleh ketika pengamat sampai bergerak naik atau turun, ketika kapal melewati gelombang dan arahnya tegak lurus.

  Di atas adalah materi mengenai Gelombang Laut. Informasi tentang gelombang laut  sangatlah penting di Negara kita ini. Seperti yang kita tahu bahwa negara kita ini sebagian besar terdiri dari Laut. Kegiatan seperti pelayaran, wisata laut, perikanan , dan lain-lain memerlukan informasi mengenai gelombang laut. Berikut ini adalah contoh Informasi mengenai gelombang laut oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

 

                   Sekian materi mengenai Gelombang Laut. masih sangat banyak hal yang bisa dibahas tentang laut. Lain waktu akan dibahas lebih lanjut mengenai Cuaca Maritim. Sekian Terima Kasih,.

No comments:

Post a Comment