Sunday 5 January 2014

Unsur Unsur Cuaca

Unsur-Unsur Cuaca

 ·         Suhu Udara

Unsur Cuaca yang paling dasar yang harus kita ketahui adalah Suhu. Karena Suhu sangat berpengaruh pada proses terjadinya awan, besarnya tekanan, dan juga mempengaruhi Arah dan kecepatan Angin pada suatu daerah..
Suhu udara adalah ukuran energi kinetik rata – rata dari pergerakan molekul – molekul.  Suhu suatu benda ialah keadaan yang menentukan kemampuan benda tersebut, untuk memindahkan (transfer) panas ke benda – benda lain atau menerima panas dari benda – benda lain tersebut. Dalam sistem dua benda, benda yang kehilangan panas dikatakan benda yang bersuhu lebih tinggi. Dalam menentukan suhu udara pada suatu tempat, adalah menggunakan alat yaitu Termometer. Termometer itu sendiri diletakan pada suatu sangkar yang disebut Sangkar Meteo. Sangkar ini berguna untuk melindungi Termometer sehingga tidak terkena panas matahari secara langsung. Berikut adalah gambar dari isi Sangkar Meteo.


Psychrometer



Sangkar meteo ini memiliki tinggi + 1,2 m. Di dalam sangkar meteo terdapat Termometer Bola Basah, Termometer Bola Kering , Termometer Maksimum dan Termometer Minimum.. Termometer Bola Kering adalah berguna untuk mengukur suhu udara pada tempat tersebut. lalu Termometer Bola Basah adalah untuk mengukur suhu jenuh pada tempat tersebut. Dengan mengetahui kedua suhu tersebut, kita bisa mencari Kelembaban pada daerah itu dengan menggunakan rumus maupun tabel. Termometer Maksimum adalah digunakan untuk mengetahui suhu maksimum tempat tersebut selama 1 hari. Termometer Minimum digunakan untuk mengetahui suhu minimum pada daerah tersebut selama 1 hari.

  •   Titik Embun
   Dalam udara ada suatu temperatur yang harus dicapai untuk terjadi suatu kondensasi. Kondensasi itu sendiri berarti perubahan wujud benda dari gas (uap) menjadi cairan. Kondensasi adalah lawan dari proses penguapan. Dimana proses penguapan adalah suatu proses dimana suatu partikel berwujud cair menjadi Uap atau gas. Proses kondensasi ini berhubungan dengan terbentuknya Awan. Uap air hanya akan terjadi kondensasi apabila telah mencapai temperatur dibawah titik embun nya.Jadi titik embun bisa dsebut Suatu titik awal dimana udara mengalamai kondensasi.

  •   Kelembaban 

      Kelembaban adalah merupakan kandungan uap yang ada di dalam Udara. Biasanya dinyatakan dalam satuan Persen (%). Yang biasanya digunakan adalah Kelembaban Relatif (Relatif Humidity). Dalam mencari besar kelembaban (RH), kita harus mengetahui suhu udara dan juga suhu udara jenuh pada suatu tempat, Setelah itu bisa dicari kelembaban dengan Metode Tabel. Namun apabila kita tidak memiliki tabel RH, kita bisa menggunakan Rumus secara Matematis yaitu

Rh = 100 - 7 ( BK - BB)



Keterangan :                         RH = Kelembaban (%)
                                            BK = Suhu Termometer Bola Kering(oC)
                                            BB = Suhu Termometer Bola Basah (oC)

        Namun Apabila kita menggunakan rumus, maka hasilnya tidak akan selalu sama persis dengan menggunakan tabel. Jangkauan hasil yang akan didapatkan sekitar + 5 % .


·        Arah dan Kecepatan Angin

         Dalam pelaporan Arah angin. Arah angin bukanlah yang dituju oleh angin, melainkan arah darimana angin tersebut berasal. Arah angin dinyatakan dalam satuan derajat. Sedangkan kecepatan angin dinyatakan dalam satuan Knot.

         Alat untuk mengukur arah dan kecepatan angin adalah Anemometer. Dalam anemometer ini terdapat Wind Vane yang berguna untuk mengetahui arah Angin dan juga Cup Anemometer yang berguna untuk mengetahui kecepatan angin.


Anemometer

  • Tekanan Udara 
Tekanan udara merupakan gaya  per satuan luas yang dikerjakan oleh berat molekul pada permukaan tertentu. Besarnya tekanan udara pada suatu tempat bisa di ukur dengan menggunakan Barometer. Dalam barometer tekanan udara dinyatakan dalam satuan milibar (mb).
Tekanan udara ini berhubungan dengan arah dan kecepatan angin pada area wilayah tertentu. Seperti yang kita ketahui, Angin itu bergerak dari daerah yang memiliki tekanan tinggi menuju daerah yang memiliki tekanan rendah. Tekanan Standart untuk permukaan laut adalah 1013,25 mb.                    
Tekanan udara akan turun terhadap tinggi suatu tempat. Jadi semakin tinggi tempat tersebut, tekanan udaranya akan semakin rendah. Jadi Tekanan turun terhadap Ketinggian.
Barometer Air Raksa

  • Awan
Awan terbentuk akibat kondensasi uap air yang terjadi di atmosfer. Awan Juga mempunyai banyak jenis. Namun pada dasarnya awan Hanya berjenis Cirrus, Stratus dan Cumulus.
ü  Cirrus : Awan yang terdiri dari kristal es, Awan ini berwarna putih dan sangat halus seperti bulu ayam. Bentuk awan Cirrus terputus-putus dikarenakan oleh tiupan Jet Stream yang terjadi di atmosfer.
ü  Stratus : Awan ini adalah awan yang merata dan terlihat seperti Susu. Awan stratus biasanya berjumlah paling banyak di langit. Awan ini menyebabkan hujan yang memiliki durasi lama namun memiliki intensitas yang rendah.
ü  Cumulus : Awan Cumulus adalah awan yang berbentuk bergumpal. Awan Cumulus bisa berdiri sendiri ataupun bergerombol dengan cumulus yang lainnya. Awan Cumulus yang berkumpul dan terus berkembang menjadi besar, lama-lama akan menjadi awan Cumulunimbus..

Berikut adalah jenis-jenis Awan Menurut Ketinggiannya

 

Awan Rendah

Cumulus (Cu)

StratoCumulus (Sc)

Stratus (St)

Cumulunimbus (Cb)


Awan Menengah



AltoCumulus (Ac)

AltoStratus (As)

Awan Tinggi


CirroCumulus (Cc)

Cirrus (Ci)

CirroStratus (Cs)

  • Hujan 

Hujan bukanlah hal yang asing di wilayah kita. Di Indonesia ini sering terjadi bencana akibat dari hujan yang sangat deras dan terus-menerus.
            Hujan merupakan curahan/endapan dari awan berupa partikel cair atau tetes air dengan diameter lebih besar dari 0,5mm. Sedangkan curah hujan adalah hasil dari produk kondensasi cair total yang diukur dalam penangkar hujan. Apabila partikel air tersebut jatuh sampai ke tanah, maka disebut hujan, namun apabila sebelum sampai tanah sudah menguap , maka fenomena ini biasa disebut Virga.
            Hujan juga dikategorikan berdasarkan sifat dan bentuknya. Hujan yang terjadi secara mendadak dan tiba-tiba, biasa disebut shower. Hujan shower adalah hujan yang ditandai dengan permulaan dan akhir yang mendadak. Hujan ini biasanya memiliki intensitas yang cepat dan hebat. Ukuran dari hujan shower ini juga lebih besar daripada hujan biasa. Hujan ini merupakan jatuhan dari awan Cumulus atau Cumulunimbus. Selain itu ada juga hujan yang terjadi dalam jangka kurun waktu lama, namun dengan intensitas rendah. Hujan ini merupakan jatuhan dari awan merata seperti stratus, altostratus dan nimbostratus.
            Pada umumnya, apabila hujan yang terjadi memiliki intensitas yang berat, maka hujan tersebut akan terjadi pada waktu yang singkat. Begitu pula sebaliknya, hujan yang memiliki intensitas rendah akan terjadi lebih lama. Karena itu umumnya durasi dari hujan berbanding terbalik dengan besar intensitas hujan tersebut.

  • Radiasi Matahari
 Radiasi matahari adalah pancaran energi yang berasal dari proses thermonuklir yang terjadi di Matahari. Energi radiasi Matahari berbentuk sinar dan gelombang elektromagnetik. Spektrum radiasi Matahari sendiri terdiri dari dua yaitu, sinar bergelombang pendek dan sinar bergelombang panjang. Sinar yang termasuk gelombang pendek adalah sinar x, sinar gamma, sinar ultra violet, sedangkan sinar gelombang panjang adalah sinar infra merah.

  • Lamanya Penyinaran Matahari
         Matahari memang selalu menyinari bumi kita ini. Namun sering kali cahaya itu tidak sampai ke bumi akibat banyak faktor seperti contoh tertutup oleh awan yang sangat tebal dan luas. Kita bisa mengetahui lamanya penyinaran matahari di suatu tempat dengan menggunakan Campbell Stokes . 

         Campbell stokes ini menggunakan pias untuk mencatat lamanya penyinaran matahari pada daerah tersebut. Pias tersebut akan terbakar apabila terkena cahaya matahari , dan bagian yang terbakar itu menunjukkan lamanya penyinaran matahari pada wilayah tersebut.
Campbell Stokes

  •  Penguapan 
             Proses perubahan wujud dari cair menjadi uap disebut menguap. Penguapan yang terjadi dalam satu hari pada suatu tempat dapat dihitung dengan menggunakan panci penguapan. Panci ini terdiri dari Termometer Apung (untuk mengukur suhu air) , Hook gauge (Alat untuk mengukur ketinggian Air) , dan Still Well (Bejana yang berfungsi untuk tempat penompang Hook Gauge )

Panci Penguapan









No comments:

Post a Comment